Selasa, 16 Mei 2017

Kisah Nabi Muhammad s.a.w

Berikut Artikel sejarah singkat dari Rasullah tercinta Nabi Muhammad s.a.w .


Kelahiran Nabi Muhammad s.a.w :
     Dikala umat manusia dalam kegelapan dan kehilangan pegangan hidupnya, lahirlah kedunia dari keluarga yang sederhana dikota Mekah. Seorang bayi yang kelak membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban dunia. Bayi itu yatim, bapaknya yang bernama Abdullah meninggal saat 7 bulan sebelum Nabi Muhammad lahir. Kehadiran bayi itu disambut oleh kakeknya Abdul Muththalib dengan penuh kasih sayang dan kemudian bayi itu dibawanya ke kaki ka'bah. Di tempat suci inilah bayi itu diberi nama Muhammad suatu nama yang belum pernah ada sebelumnya. Menurut penanggalan para ahli kelahiran Muhammaditu pada tanggal 12 Rabiulawai tahun gajah atau tanggal 20 April tahun 571 M.
     Nabi Muhammad s.a.w adalah keturunan dari Qushai pahlawan suku Quraisy yang telah berhasil menggulingkan kekuasaan Khuza'ah atas kota Mekah, ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdulmanaf bin Quashai bin Kilab bin Murrah dari golongan Arab Banu Ismail. Ibunya bernama Aminah bintiWahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah.

Pengalaman penting bagi Nabi Muhammad s.a.w :
     Ketika berumur 12 tahun, Nambi Muhammad s.aw mengikuti pamannya Abu Thalib membawa barang dagangan ke Syam. Sebelum mencapai kota Syam, baru sampai ke Bushra, bertemulah kafilah Abu Thalib dengan seorang pendeta Nasrani yang alim, Buhaira namanya. Pendeta itu melihat ada tanda kenabian pada diri Muhammad s.a.w. Maka dinasihatilah Abu Thalib agar segera membawa keponakannya itu pulang ke Mekah, sebab dia khawatir kalau Muhammad s.a.w ditemukan oleh orang Yahudi yang pasti akan menganiaya nya (dalam riwayat lain Kaum Yahudi akan membunuhnya ) Abu Thalib segera menyelesaikan dagangannya dan kembali ke Mekah. Di waktu Nabi Muhammad berumur 15 tahun terjadilah peristiwa yang bersejarah bagi pendduk Mekah, yaitu kejadian peperangan antara suku Quraisy dan Kinanah disatu pihak dengan suku Qais 'Ailan di lain pihak. Nabi Muhammad s.a.w ikut aktif dalam peperangan ini memberikan bantuan kepada paman-pamanya dengan menyediakan keperluan peperangan.
     Peperangan ini terjadi di daerah suci pada Bulan suci yaitu pada bulan Zulqaedah. Menurut pandangan bangsa Arab peristiwa itu adalah pelanggaran terhadap kesucian, karena mellanggar kesucian bulan Zulqaedah, sebenarnya dilarang berkelahi atau berperang menumpahkan darah. Oleh karena itu perang tersebut dinamakan Harbul Fijar yang artinya perang yang memecahkan kesucian.

Muhammad menjadi Rasul :
     Ketika menginjak usia 40 tahun, Muhammad s.a.w lebih banyak mengerjakan tahannuts dari pada waktu-waktu sebelumnya. Pada bulan Ramadhan dibawanya perbekalan lebih banyak dari biasanya, karena akan ber-tahannuts lebih lama.
     Pada malam 17 Ramadhan, bertepatan dengan 6 Agustus tahun 610 M, di waktu Nabi Muhammad s.a.w sedang bertahannuts di gua hira, datanglah Malaikat Jibril a.s membawa tulisan dan menyuruh nabi Muhammad s.a.w untuk membacanya, Nabi Muhammad menjawab : "Aku tidak dapat membaca". Beliau lalu direngkuh beberapa kali oleh Malaikat Jibril a.s sehingga nafasnya sesak, lalu dilepaskan olehnya seraya disuruhnya membaca sekali lagi tapi Nabi Muhammad tetap menjawab dengan kata sebelumnya, kejadian itu berulangan sampai 3 kali. Dan akhirnya Jibril membacanya yang artinya : "Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menjadikan, yang menjadikan manusia dari segumpal tanah. Bacalah dan Tuhanmu teramat mulia. Yang mengajarkan denga pena (tulis baca). Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Surat Al-Alaq ayat 1-5).
     Inilah wahyu yang pertama yang diturunkan oleh Allah s.w.t kepada Nabi Muhammad s.a.w. Dan inilah pula saat penobatan beliau sebagai Rasulullah, atau utusan Allah kepada seluruh umat manusia untuk menyampaikan risalahnya.

Begitulah sejarah singkat dari Rasul tercinta umat Islam yaitu Nabi Muhammad s.a.w. Maaf ya bila ada salah kata dari artikel ini. Ingat satu lagi Jangan tinggalkan perintah-perintah Allah s.w.t untuk beribadah kepadanya. Dan jangan kalian berbuat maksiat atau menghina Allah s.w.t.
Follow Instagram saya @adit.yaum

1 komentar:

  1. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya IBU NISA,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    BalasHapus